May 24

Tips Mudah Merawat Lensa Kamera

cara merawat lensa kameraLensa adalah salah satu komponen paling penting pada kamera apapun. Ia berdiri di garis depan pada proses fotografi, fokus dan rendering cahaya ditangkap untuk film atau sensor. Kondisinya, menitikberatkan kualitas akhir dari setiap foto. Lensa kamera sangat rapuh, dan secara langsung terkena ke dunia luar setiap kali digunakan. Perawatan yang tepat harus diambil untuk menjaga lensa tetap bersih dan dalam kondisi kerja yang baik. Berikut adalah beberapa tips merawat dan memelihara lensa kamera anda.

Satu elemen penting dari merawat lensa adalah membersihkannya secara teratur. Kotoran, debu, dan minyak pasti akan menumpuk pada lensa anda, dan penting untuk menghilangkan zat-zat ini untuk menjaga integritas dari kualitas gambar kamera anda.

Debu dan polusi cahaya lain seperti serbuk dapat dengan cepat dan mudah dihilangkan dari lensa dengan kain microfiber. Ini sangat penting, hanya gunakan kain khusus untuk membersihkan lensa kamera, karena setiap bahan tidak dapat digunakan untuk membersihkan lensa, bahan tertentu dapat merusak permukaan lensa Anda. Cukup mengusap permukaan lensa dari pusat keluar.

Untuk kotoran yang lebih tangguh atau lumpur, yang terbaik adalah menggunakan bahan pembersih khusus lensa. Jangan gunakan pembersih yang dirancang untuk kaca biasa, karena dapat merusak permukaan lensa. Pembersih apapun akan menerapkan lapisan pelindung. Filter juga bisa digunakan untuk menjaga permukaan lensa agar tetap bersih, memperpanjang masa pakai dari kedua lapisan dan lensa itu sendiri.

Goresan, sayangnya, tidak mungkin untuk diperbaiki tanpa pelatihan dan peralatan khusus. Sebagai pemilik kamera, hal terbaik pertama yang dapat anda lakukan adalah untuk mencegah goresan pada lensa kamera anda. Setiap kali tidak digunakan, pastikan bahwa penutupnya ditempelkan, dan disimpan dengan aman. Untuk melindungi lensa dari goresan ketika sedang digunakan, anda dapat menggunakan filter. Pastikan bahwa filter yang digunakan memiliki kualitas baik.

Air dapat menimbulkan kerusakan pada komponen listrik internal yang ada di dalam lensa. Air juga dapat meresap ke dalam melalui lensa internal yang lebih kecil, di mana akan mengering dan meninggalkan noda yang akan berdampak pada kinerja lensa. Pastikan untuk menjaga lensa anda dalam kotak jika tidak digunakan, bahkan suhu yang relatif dingin atau lembab dapat menyebabkan pengembunan menumpuk di dalam lensa. Juga penting untuk diingat agar menggunakan tudung hujan atau rain hood jika Anda berencana untuk memotret saat hujan. Jika lensa Anda terkena air, Anda harus membungkusnya dengan kain berdaya serap tinggi dan menyimpannya dengan posisi mount atau ujung yang menempel pada kamera menghadap ke bawah. Bawalah lensa ke tempat service kamera profesional sesegera mungkin untuk dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Kepanjangan dari SMP