Mar 15

Tips Fotografi Bawah air

Sejak permulaan menyelam, ada minat dalam menangkap foto dari ekosistem dan hewan laut yang luar biasa. Meskipun fotografi bawah air awalnya merupakan proses yang kompleks, kemajuan teknologi telah melihatnya menjadi mudah diakses.

fotografi bawah air

Munculnya era digital telah membuat popularitas fotografi bawah air semakin meningkat, dengan semakin banyak penyelam yang membuat gambar tentang penyelaman mereka untuk anak cucu. Namun, memproduksi hasil yang baik secara konsisten adalah sebuah karya, dan ini adalah apa yang memisahkan fotografer profesional dari amatir.

 

Sistem kamera

Sistem kamera untuk fotografi bawah air dapat dibagi menjadi dua kategori. Yang pertama terdiri dari kamera yang benar-benar bersifat amfibi yang tidak memerlukan penyimpanan khusus untuk digunakan di bawah air, dan juga dapat beroperasi di darat. Kamera Nikonos  V adalah contoh yang terkenal dari jenis ini.

Kebanyakan kamera amfibi memiliki lensa yang dapat diganti, dan tersedia baik film ataupun format digital. Kamera yang sangat khusus ini memiliki fitur kontrol berukuran besar untuk kemudahan operasi bawah air.

Kategori kedua adalah sistem penyimpanan atau housing, yaitu kamera konvensional dalam kotak yang tahan air. Kamera-kamera itu sendiri dapat dibagi menjadi dua sub-kategori: kamera compact dan model SLR.

 

Kotak penyimpanan kamera atau Housing

housing kamera untuk fotografi bawah air

Baik kamera compact ataupun SLR memerlukan tempat penyimpanan atau housing untuk melindungi mereka dari kerusakan air. Kotak penyimpanan atau housing ini biasanya terbuat dari plastik, meskipun kotak aluminium juga tersedia untuk SLR. Kotak aluminium sangat kuat dan tahan lama tetapi harganya lumayan mahal dan berukuran besar, dan menyembunyikan kamera di dalamnya, sehingga sulit untuk mengoperasikannya. Kotak penyimpanan plastik lebih murah dan memungkinkan Anda untuk melihat kamera, tetapi daya tahannya tidak seperti kotak aluminium. Mereka sangat rentan terhadap goresan dan abrasi.

 

Sistem Pencahayaan

Pencahayaan merupakan salah satu area di mana kamera digital compact kurang memenuhi syarat. Flash Built-in mereka terlalu dekat dengan lensa, untuk menghindari cahaya memantul. Anda dapat menjaga jarak sumber cahaya dari lensa dengan menggunakan lampu strobo tambahan. Sistem berbasis SLR dan amfibi sering menggunakan lampu strobo secara berpasangan, terpasang pada lengan secara fleksibel untuk memungkinkan agar dapat dinyalakan dari berbagai sudut. Mengetahui bagaimana posisi lampunya untuk mendapatkan keuntungan terbaik dan mengubah pengaturan daya sangat penting, meskipun banyak kamera secara otomatis akan memicu strobo menyala untuk jangka waktu yang tepat untuk eksposur.

 

Pemeliharaan Kotak Penyimpanan atau Housing

Memelihara kotak penyimpanan relatif mudah. Keutuhan  O-ring harus selalu diperiksa dan cincin dapat dilumasi dengan silikon. Lakukan pemeriksaan terakhir sebelum menyelam. Housing harus dibilas dengan air bersih sesegera mungkin setelah menyelam. Mengoperasikan kontrol mekanik selama membilasnya untuk mencegah penumpukan kristal garam. Jika air masuk ke dalam kotak ini, akan merusak kamera, sehingga luangkan waktu sejenak untuk mempersiapkan serta membilasnya dapat mencegah kerusakan peralatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Ibukota Indonesia?