Jan 29

Teknik Memotret Saat Tengah Hari

memotret saat tengah hariSebenarnya waktu terbaik untuk memotret adalah saat pagi atau sore hari ketika matahari terbenam, tetapi ada saat-saat ketika anda harus memotret saat tengah hari ketika matahari terik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anda memotret saat tengah hari ketika cahaya matahari sangat terik dengan hasil yang tetap bagus.

Peralatan yang dibutuhkan:

- Tripod, untuk kestabilan (pilihan)
- Lens hood, untuk melindungi dari flare
- Kamera (digital kompak atau DSLR)
- Payung, untuk membuat naungan (pilihan)

Memotret Lebih Rendah
Untuk menyembunyikan bayangan yang panjang, cobalah menurunkan sudut pengambilan gambar, sehingga anda memotret agak naik sedikit, bukan lurus. Lebih baik lagi, menemukan sesuatu yang akan memberikan anda detail foreground yang menarik yang dapat anda ‘sembunyikan’ di belakang. Sebagai hasilnya, objek pada foreground akan mengisi frame yang cukup untuk menyamarkan bayangan di belakangnya.

Belakangi Matahari
Ini jelas sanagat penting, menembak dengan matahari di belakang anda akan menghentikan bleaching(berwarna putih) dan flare yang tidak perlu yang akan merusak gambar anda. Meskipun, hal ini tidak selalu mungkin untuk melakukannya ketika anda menembak objek statis. Anda mungkin harus menunggu matahari untuk berpindah posisi sebelum mencoba beberapa tembakan.

Gunakan Lens Hood
Matahari bisa sangat terang saat tengah hari dan lens hood sangat berguna pada situasi seperti ini. Sinar matahari dapat merusak foto jika sinarnya menyorot langsung ke lensa. Sebuah lens hood akan mencegah sinar matahari secara langsung menyorot ke lensa dari samping atau atas, meminimalkan kemungkinan gambar anda menjadi rusak.

Carilah Tempat Teduh
Jika tempat teduh diperlukan, misalnya, saat mengambil gambar portrait atau close up, carilah tempat yang teduh. Jika perlu, cobalah menggunakan payung untuk membuat sendiri tempat teduh di mana anda ingin mengambil foto. Ketika anda memotret sesuatu yang sedikit lebih besar, seperti gedung, Anda tidak mungkin menempatkan payung raksasa di atasnya, sehingga tunggulah beberapa saat sampai matahari sudah bergerak cukup untuk naungan jatuh pada subjek yang anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Lagu Kebangsaan Indonesia