Nov 15

Teknik Flash Untuk Fotografi Macro

teknik fotografi macro

Menggunakan flash untuk fotografi makro adalah sama pentingnya dengan menyesuaikan lensa untuk kamera DSLR anda. Kenapa? karena dengan menggunakan flash, warna akan lebih baik, kita dapat mengontrol nuansa warna dan peningkatan shutter speed kamera.

Ketika akan memulai fotografi macro, flash adalah suatu kebutuhan. Di pasaran sendiri terdapat ringflashes khusus yang dirancang untuk fotografi macro. Namun, dengan menggunakan flash ini akan menimbulkan tampilan cahaya yang datar dan cara shades jatuh di belakang subjek. Hal ini membuat tembakan kehilangan depth of field. Dengan pertimbangan ini, lebih baik menggunakan flash kamera, yang terhubung ke kamera melalui kabel, dan sebaiknya menggunakan flash wireless sehingga dapat memposisikan cahaya yang anda anggap terbaik.

Ketika kita menggunakan lensa macro, jarak antara lensa dan subjek adalah 10 cm atau kurang, ini berarti jika anda menggunakan flash yang dipasang di bagian atas kamera, cahaya akan terlalu keras dan anda akan mendapatkan gambar dengan bayangan lensa di atas subjek.

Jarak Dan Diffuse
Jika memotret dengan memegang kamera, gunakan braket flash karena akan memungkinkan anda untuk bekerja lebih cepat yang ketika memotret serangga, adalah sebuah keharusan. Dan jika menggunakan tripod, anda dapat memegang flash dan bereksperimen dengan jarak dan sudut yang berbeda.

Tingkat flash
Flash harus diatur pada tingkat yang tepat sehingga subjek tidak akan terlihat terlalu terang / cerah. Tingkat flash juga harus diubah tergantung pada subjek apa yang anda potret. Misalnya ketika memotret kupu-kupu, jika tubuhnya memiliki warna putih lebih banyak daripada coklat, anda harus mengatur tingkat flash satu langkah lebih rendah.

White Balance
Atur white balance kamera ke flash atau daylight. Karena itu, banyak orang memotret dengan RAW saat mengambil foto macro, karena mereka kemudian dapat men-tweak white balance pada saat pasca produksi.

Strobo
Dengan eksposur panjang 1/10 detik atau lebih, anda dapat menggunakan strobo (periksa buku panduan yang datang dengan flashgun untuk melihat apakah fitur ini tersedia). Dengan ini, anda dapat menetapkan rasio flash dan frekuensi flash.

Penggunaan Flash Saat Siang hari
Seimbangkan tingkat flash dengan cahaya matahari dan anda akan memiliki gambar yang penuh warna dan tingkat cahaya yang baik. Untuk mendapatkannya, kombinasi terbaik adalah 30% flash dan 70% cahaya matahari.

ISO
Anda harus memeriksa berapa tingkat settingan ISO kamera sebelum mengatur tingkat flash. Semakin tinggi ISO, maka tingkat flash harus lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Lagu Kebangsaan Indonesia