Apr 17

Mengenal Kamera Mirrorless

Mengenal Mirrorless KameraKamera mirorrless adalah sistem kamera digital yang tidak menggunakan cermin dan diluncurkan di dunia fotografi sejak tahun 2008 dan populer dikalangan para pecinta fotografi. Kamera mirorrless itu sendiri dikenal dengan banyak nama yaitu Mirorrless Interchangeable Lens Camera (MILC) atau Electronic Viewfinder with Interchangeable Camera, atau Compact Camera System. Namun nama yang lebih populer adalah mirrorless kamera. Berikut kita akan mencoba mengenal mirrorless kamera lebih jauh dan apa yang menyebabkannya menjadi sangat populer.

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kamera mirrorless yang membuatnya mendapatkan nama sebagai kamera tengah-tengah. Hal ini dikarenakan karena kamera ini merupakan sebuah kamera yang posisinya berada ditengah-tengah kamera DSLR dan juga kamera saku dimana mayoritas kamera mirrorless harganya tidak semahal kamera DSLR dan secara umum tidak seberat kamera DSLR. Selain harga dan ukuran yang tidak sebesar kamera DSLR, berikut adalah beberapa karakteristik atau bisa dikatakan sebagai kelebihan yang dimiliki oleh kamera mirorless:

  • Ada pilihan untuk mengganti lensa
  • Kualitas atau hasil fotonya tidak jauh berbeda dari kamera DSLR
  • Ukuran sensornya itu sendiri bisa disamakan dengan kamera DSLR kelas menengah
  • Proses pengambilan gambar lebih cepat
  • Tingkat noise yang rendah

Perbedaan utama antara kamera mirrorless dan kamera DSLR adalah pada keberadaan mirror atau cermin yang berfungsi untuk memunculkan gambar di viewfinder. Pada kamera mirrorless, cermin tersebut dibuang yang memungkinkan ukuran kamera jauh lebih kecil dan juga jauh lebih ringan. Ketiadaan cermin berarti menghilangkan system viewfinder optic, namun pada kamera mirrorless hal ini digantikan dengan system viewfinder elektronik.

Hal-hal yang sudah disebutkan diatas adalah hal-hal yang dapat membantu seseorang untuk mengenal kamera mirrorless lebih jauh. Tidak dipungkiri memang bahwa masih banyak penyempurnaan yang dibutuhkan untuk kamera ini melihat usianya yang baru menginjak tahun ke lima. Namun, melihat semua kelebihan yang ditawarkan oleh kamera mirrorless seperti yang sudah disebutkan diatas, tidak heran bila tingkat popularitasnya semakin hari semakin meningkat dan menjadi pilihan banyak orang dimana para produsen kamera besar seperti Canon dengan EOS-Mnya dan Nikon dengan J1nya juga sudah mulai melebarkan lini kameranya dengan memproduksi kamera jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Kepanjangan dari SD :)