Mar 01

Tips Fotografi: Memotret Pada Malam Hari

Tips fotografi sekarang yang akan dibahas adalah memotret pada malam hari, dan jika dilakukan dengan benar dapat menghasilkan gambar yang luar biasa.  Tetapi juga merupakan rintangan utama untuk pemula di bidang fotografi. Alih-alih menyalahkan peralatan, sebaiknya kita menyempurnakan teknik fotografi kita. Berikut adalah beberapa tips fotografi dan pengaturannya untuk memotret pada malam hari.

 

  • Tips Fotografi Untuk Memotret Kembang Api

fotografi tips

 

Tips fotografi mengambil sebuah gambar  kembang api yang khas diambil dengan teknik yang melibatkan memegang sebuah kartu berwarna hitam di depan shutter yang terbuka. Dalam mode manual exposure, atur shutter speed  20-30 detik (atau menggunakan mode bulb), diafragma F11 untuk F16 dan pengaturan ISO 100 atau 200. Menggunakan mode bulb pada DSLR Anda, Anda bisa mendapatkan shutter tetap terbuka selama diperlukan. Jika Anda menggunakan mode bulb, sebuah remote shutter release sangat berguna untuk menghindari kamera bergoyang (hal itu bisa terjadi bahkan pada tripod yang kokoh). Jika Anda tidak memiliki remote release, Anda dapat menggunakan self timer pada DSLR Anda, set ke 10 detik sehingga Anda dapat memberinya waktu untuk stabil.

Kartu hitam digunakan untuk memblokir lensa dalam setiap interval ketika kembang api tidak muncul di langit, sehingga eksposur yang lama dioptimalkan untuk merekam kembang api, dan tidak terlalu mengekspos bagian lain. Alasan kedua adalah agar Anda tidak menangkap asap yang disebabkan oleh kembang api. Berhati-hatilah agar tidak menyentuh lensa, menyebabkan beberapa gerakan yang akan menyebabkan kamera bergoyang.

 

  • Waktu sangat Penting

Tips Fotografi yang paling penting ketika memotret pada malam hari adalah mendapatkan tripod yang bagus. Dengan tripod yang kokoh, Anda dapat menggunakan basic kamera dan lensa. Berbekal tripod, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah untuk mencari lokasi yang tepat di mana Anda dapat mengatur tripod dan menunggu jam senja ketika jumlah cahaya di sekitar sesuai dengan jumlah cahaya buatan. Ini menciptakan gambar-gambar di mana langit berwarna biru tua, cocok untuk dikompensasikan dengan cahaya buatan manusia di tempat kejadian. Jika Anda memotret dengan setting ISO rendah seperti 100, dan aperture Anda di kisaran F11-F16, kecepatan shutter akan turun ke tingkat di mana Anda tidak mungkin untuk memegang kamera tetap stabil. Itulah mengapa Anda butuh tripod. :)

Sebuah tripod berguna untuk memotret subjek diam, yang mengapa fotografer wedding jarang membawa tripod ketika mereka bekerja, karena memotret subjek yang bergerak.

Tips fotografi berikutnya adalah jika Anda memotret pemandangan malam yang indah, lupakan tentang penggunaan flash, kecuali ada subjek manusia dalam beberapa meter dari kamera. Flash, biasanya hanya akan efektif dalam jarak beberapa meter. Hal ini tidak akan mampu untuk menerangi pemandangan malam yang berjarak 800 meter. Selain itu, pengambilan gambar dengan flash pada kamera jarang menghasilkan tampilan pemandangan malam yang alami.

 

  • Tips Fotografi Memotret Jalur Cahaya

fotografi tips
Tips fotografi ini menggunakan aperture / bukaan kecil (yang berarti F-number lebih besar seperti F16) untuk mendapatkan efek Starburst pada lampu jalan. aperture kecil tidak hanya memberikan lebih depth-of-field (yang berarti objek yang tajam dari depan ke belakang), itu juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan shutter speed lebih lama, yang menghasilkan garis merah panjang yang diciptakan oleh lampu belakang para pengendara yang lewat. Atau garis putih yang dibuat oleh lampu depan. Mode termudah untuk memotret hal ini adalah Aperture Priority.

Anda tidak perlu peralatan mahal dan mewah untuk mengambil gambar yang bagus. Yang Anda butuhkan adalah “tahu-bagaimana” yang tepat, dan semoga tips fotografi ini menjadikan anda tahu-bagaimana untuk mendapatkan hasil gambar yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Lagu Kebangsaan Indonesia