Dec 30

Fotografi Panorama laut dan Menemukan Komposisi yang Tepat

tips fotografi panorama lautSalah satu alasan utama saat memotret panorama laut adalah menemukan komposisi yang tepat. Kita telah banyak mendengar untuk memvariasikan ketinggian posisi pemotretan, tetapi juga harus terus melihat melalui view finder anda. Apa yang mungkin terlihat bagus oleh mata, mungkin terlihat datar dan membosankan setelah ditangkap dalam gambar. Berikut adalah beberapa tips nya:

Mengarahkan Jalur atau Leading Lines
hal ini akan mengarahkan mata orang yang melihat untuk beralih melalui gambar yang memberikan kesenangan dengan melihat secara keseluruhan, dan tidak membiarkan mata mereka untuk terjebak pada satu subyek tertentu.

Fokus
Disini fokus sangat penting dan sering terabaikan, anda harus fokus pada latar depan dan memberikan cukup detail hingga yang terdekat yang paling menarik. Sebaiknya gunakan manual fokus, karena kita dapat mengatur sendiri kemana fokus kita mengarah.

Kontras
kontras cahaya harus menjadi pertimbangan untuk foreground anda, bayangan dan cahaya juga dapat membantu memberikan leading lines yang cukup efektif terutama ketika memotret panorama laut saat matahari terbit atau matahari terbenam.

Motion atau Gerakan
mengetahui gerakan dan berapa shutter speed adalah sangat penting karena ini akan memberikan efek yang anda cari, hal ini akan membutuhkan berbagai latihan settingan ISO untuk menambah atau mengurangi shutter speed. Shutter speed juga akan tergantung pada arus dan gerakan air, air yang tidak terlalu bergelombang sebaiknya ditangkap dengan bukaan yang lebih lama, pantulan mendatar yang disebabkan oleh gelombang kecil atau riak.

Tutupan Awan
adalah sesuatu yang kita cari pada saat pengambilan gambar fotografi panorama laut, dan jika kondisi memungkinkan dapat memberikan leading lines dari atas gambar.

Memotret Menggunakan Lensa Lebar
untuk menghimpun area foreground yang besar, sebaiknya gunakan lensa antara 12mm hingga 18mm. Gunakan aperture f / 8 yang dikombinasikan dengan berbagai filter neutral density untuk mengoptimalkan shutter speed yang diinginkan berdasarkan kondisi saat memotret.

Lakukan Penelitian
Jika memungkinkan, lakukan penelitian terlebih dahulu dan membuat catatan komposisi potensial untuk pemotretan. Ketika pemotretan fotografi panorama laut, air surut memberikan kesempatan yang lebih baik untuk menarik formasi batuan dan kolam pasang surut. Faktor ini akan mengoptimalkan peluang untuk fotografi panorama laut anda lebih efektif dan produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Ibukota Indonesia?