Mar 08

Fotografi Infra Merah – Pengertian dan Fungsi

fotografi infra merahfotografi Infra merah merupakan sesuatu yang tidak biasa, dalam arti bahwa fotografi Infra merah ini bergantung pada kemampuan kamera digital untuk merekam apa yang tidak terlihat oleh mata dengan menangkap radiasi infra merah daripada gambar. Gelombang infra merah dapat menembus beberapa jenis kabut atau awan sehingga gambar dari objek yang jauh atau tidak terlihat oleh kamera normal dapat diambil.

Infra merah memang dimanfaatkan tidak hanya oleh fotografer, tetapi para ilmuwan dan teknisi juga untuk tujuan tertentu, karena menghasilkan gambar yang tidak tercapai oleh film-film yang umum digunakan. Saat ini, penggemar fotografi infra merah mengacu pada  hobi mereka, yang mengambil gambar dengan cahaya yang tak terlihat.

Pengertian Infra merah atau Infrared dan sering juga disingkat dengan IR adalah bentuk gelombang cahaya yang tidak terlihat oleh mata manusia. Dalam spektrum elektromagnetik, gelombang infra merah dikelompokkan antara cahaya yang terlihat dan gelombang radio, memiliki panjang satu sampai dua ratus mikron atau sepersejuta meter.

Selanjutnya infra merah juga dapat membuat panjang gelombang panas yang yang dipancarkan oleh objek terlihat. Inilah sebabnya mengapa fotografi infra merah sangat penting untuk astronom dan fisikawan.

Fotografi infra merah bukan teknik baru. Hal ini sudah ada selama beberapa tahun, tetapi hanya sedikit yang menggunakannya dengan film, karena harganya yang sangat mahal dan sulit untuk dilakukan. Ketika kamera digital datang,  fotografi infra merah menjadi lebih murah dan lebih mudah.

Sensor CCD dan CMOS kamera digital Anda memiliki kemampuan untuk menangkap cahaya infra merah. Namun, produsen menempatkan filter di depannya untuk menghalangi sinar ultraviolet dan infra merah, karena dapat mengganggu dan mengacaukan gambar.

Jika Anda ingin mengambil foto infra merah, Anda dapat melepas filter blocking dan membiarkan jangkauan gelombang cahaya yang lebih luas yang masuk ke sensor. Memotret tanpa filter akan membutuhkan penyesuaian tertentu untuk kamera Anda, tetapi fotografi infra merah dapat dengan mudah dilakukan dengan kamera digital, karena Anda dapat melihat gambar langsung dan dapat mengambil gambar sebanyak yang Anda inginkan.

Cara lain untuk melakukan fotografi infra merah adalah menempatkan filter IR di depan lensa, tanpa melepas filter sensor. Hal ini memiliki kerugian, sebab menangkap gambar akan memakan waktu lebih lama karena cahaya yang masuk disaring dua kali. Selanjutnya, filter eksternal menghalangi pandangan fotografer, sehingga sulit untuk menyusun komposisi dan fokus.

Hasil gambar dengan menggunakan teknik fotografi infra merah terlihat sangat berbeda dari foto yang diambil dengan cahaya biasa. Awan tampak lebih menarik karena merefleksikan sinar infra merah lebih dari langit. Daun dan tanaman tampak sangat terang sehingga harus diperhatikan agar tidak overexpose. Warna, tidak terlihat sama seperti di dunia nyata dan bahkan juga objek yang berwarna akan terlihat berbeda. Beberapa fotografer suka menggunakan IR pada foto manusia karena kulit terlihat sangat halus. Seperti pada gambar dibawah ini. :)

fotografi infra merah

sumber: joefaraceblogs.com

Dengan kemajuan teknologi saat ini, Anda sekarang dapat mengubah fitur kamera Anda dan memperluas kemampuannya. Mengapa Anda tidak mencoba untuk bereksperimen dan membuat gambar yang menakjubkan menggunakan teknik fotografi infra merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Lagu Kebangsaan Indonesia