May 15

Editing Gambar Fotografi untuk Pemula

Dunia fotografi digital telah mendapat banyak manfaat dari kemajuan terbaru di bidang telekomunikasi dan rekayasa elektronik, karena ini sangat cocok dan mudah untuk dioperasikan.

Proses editing gambar adalah salah satu dalam daftar panjang teknik fotografi digital yang telah masuk dari perubahan foto analog tradisional, yang dikenal sebagai foto retouching ke teknik sangat canggih namun user-friendly yang menghasilkan hasil luar biasa dengan sentuhan tombol.

Dengan dibantu dunia internet, fotografer, apakah mereka amatir atau profesional, dapat menghasilkan karya seni luar biasa dalam waktu yang sangat singkat. Mereka sekarang dapat mengekspresikan diri dalam gaya fotografi baru yang lebih dari sebelumnya, dengan menggunakan program manipulasi grafis terbaru.

 

editing gambar fotografi

editing gambar fotografi

Yang mendasari teknologi baru ini adalah beberapa fitur yang merupakan dasar-dasar fotografi digital, dan biasanya digunakan dalam trik dan teknik untuk mencapai hasil luar biasa. Diantaranya:

  • Image Selection: Ini adalah fitur program kebanyakan untuk editing gambar, dan ini melibatkan pemilihan bagian dari suatu gambar untuk diedit, dan membiarkan sisa foto tak tersentuh.
  • Image Size Alteration: Mengubah ukuran gambar adalah hasil yang paling sering terjadi pada kesempurnaan fotografi. Hampir semua program editing gambar dapat mengubah ukuran gambar dalam sebuah proses, juga dikenal sebagai image scaling. Gambar akan mudah dibuat lebih besar atau lebih kecil dengan menggunakan rumus matematika yang tertanam di dalam program tersebut. Hal ini sangat berguna ketika bekerja di internet karena gambar asli berukuran besar dari kamera digital dipindahkan lebih baik melalui sistem internet jika disimpan dengan ukuran relatif kecil.
  • Image Cropping: Cropping gambar adalah proses untuk mendapatkan gambar baru dengan memilih bagian persegi panjang. Dengan cropping, resolusi gambar tidak berubah, hal ini berguna untuk membuang sisa foto.
  • Layers: Layers adalah  prosedur digital fotografi editing, di mana karakteristik yang berbeda dari suatu gambar ditumpuk oleh program editing dan urutan dari mereka disimpan dan diakses yang menentukan cara gambar terakhir muncul.

Fotografer digital diberikan kemudahan dengan berbagai perangkat lunak pengedit foto, mulai dari paket perangkat lunak gratis yang tersedia di internet, hingga Photoshop yang dianggap sebagai standar industri untuk teknik editing fotografi digital. Macromedia XREs, Foto-Paint, Paint Shop Pro, GIMP, Paint.NET, StylePix, dan Aperture adalah beberapa nama lain yang juga telah membuat nilai tersendiri dalam industri ini.

Semua software editing yang disebutkan di atas memiliki fitur, termasuk kemampuan 3D, yang dapat digunakan untuk menciptakan karya seni yang indah. Kemampuan mereka untuk meningkatkan hasil foto hampir tak terbatas. Dengan program ini, fotografer digital memiliki kapasitas kemampuan di ujung jari yang berfungsi tidak hanya menciptakan efek khusus, tetapi juga untuk mengkonversi gambar dari satu jenis ke yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

2 dikali 2?