Mar 21

6 Tips Fotografi Landscape Untuk Pemula

tips fotografi landscapeJika Anda berpikir bahwa fotografi landscape adalah untuk pro maka berpikirlah kembali. Kita semua dapat mengambil foto landscape yang menakjubkan. Dengan menggunakan langkah sederhana, siapa saja dapat mengambil foto landscape yang menarik. Berikut adalah 6 tips fotografi landscape untuk pemula.

Pemandangan yang menakjubkan telah menjadi inspirasi untuk seniman dari dulu. Dengan menggunakan beberapa aturan dasar fotografi landscape, Anda juga dapat menciptakan sebuah karya yang akan dikagumi sebagai seni.

 

1. Carilah waktu yang tepat dan meluangkan waktu Anda

Ini merupakan suatu seni fotografi yang harus sabar, mengetahui waktu yang tepat untuk lokasi tertentu maka akan mendapatkan hasil foto yang luar biasa. Waktu dan usaha akan selalu menghasilkan pemotretan yang lebih menonjol dari orang lain. Pengetahuan tentang lokasi akan menambah kemungkinan gambar hebat yang diciptakan. Waktu terbaik untuk pengambilan gambar landscape adalah pagi dan sore hari ketika cahaya berwarna keemasan, matahari berada rendah di langit dan bayang-bayang yang panjang.

 

 2. Komposisi

Komposisi merupakan hal dasar dalam dunia fotografi. Membagi gambar menjadi tiga pertiga horisontal. Latar belakang, latar depan dan tengah. Selalu menempatkan horizon di sepanjang salah satu dari garis-garis yang terbagi ini. Gunakan jalan berliku atau pagar untuk memimpin mata ke titik fokus. Gunakan warna untuk membagi gambar di sekitar baris ketiga.

 

3. Gunakan kedua format

Sebagian besar fotografi landscape menggunakan format horizontal atau lebih dikenal dengan format landscape. Tapi, menggunakan format vertikal atau portrait juga dapat menghasilkan beberapa gambar yang menakjubkan. Format landscape mungkin tidak selalu menjadi format terbaik untuk pengambilan gambar.

 

4. Memotret di segala kondisi cuaca

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa fotografi landscape terbaik hanya dapat dilakukan pada hari yang cerah. Salah! Kadang-kadang, gambar paling dramatis diambil dalam kondisi cuaca yang dramatis. Langit yang gelap menghasilkan gambar hebat dengan kontras tinggi. Badai dengan kecepatan angin tinggi dan kondisi hujan yang deras akan mengejutkan Anda dengan gambar yang dihasilkan. Jangan tertipu oleh kondisi, dan ingatlah, untuk selalu melindungi peralatan Anda.

 

5. Memahami Depth of Field

Gambar landscape yang baik biasanya dengan  fokus yang tajam dari latar depan sampai ke latar belakang. Tapi, cobalah untuk bereksperimen dengan depth of field atau ketajaman bidang. Depth of field adalah daerah fokus di depan subjek dan belakangnya. Berapa banyak yang ada di fokus disebut dengan istilah depth of field. Sebuah depth of field berarti ada fokus yang tajam dari bagian depan sampai ke latar belakang.

 

6. Gunakan sudut lebar dan lensa tele

Lensa landscape klasik adalah sebuah lensa wide angle atau sudut lebar, memungkinkan pemandangan lebih luas agar berada dalam gambar. Tidak ada yang mengalahkan lensa wide angle untuk membuat gambar pemandangan yang benar-benar dramatis. Tapi, kadang-kadang Anda ingin memotong gambar pemandangan tersebut, dan lensa tele dapat membantu memotong bagian dari pemandangan tersebut sehingga dapat menghasilkan gambar yang luar biasa.

Fotografi landscape adalah sebuah bentuk seni yang telah dipraktekkan selama beberapa generasi dan membutuhkan waktu agar bisa sempurna. Luangkan waktu Anda untuk membuat bentuk fotografi Anda sendiri. Hasilnya bisa luar biasa dan rasa kepuasan tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Kepanjangan dari SMP