Apr 17

3 Jenis Filter yang Umum Digunakan untuk Foto Landscape

Jenis Filter-filter yang Umum Digunakan untuk Foto LandscapeDalam keperluan fotografi landscape, ada beberapa fitur atau accesoris yang sangat diperlukan atau bisa dikatakan merupakan sebuah aksesori wajib yang perlu dimiliki untuk bisa menghasilkan sebuah foto landscape yang menarik. Salah satu aksesori wajib yang perlu dimiliki adalah filter. Penggunaan filter dalam fotografi adalah untuk mensiasati beberapa kondisi yang tidak dapt dimanipulasi dengan setting yang sudah ada pada kamera itu sendiri dan juga menambahkan efek-efek tertentu.

Berikut ini adalah jenis filter-filter yang umum digunakan untuk foto landscape dan dapat dibagi dalam tiga jenis filter yaitu:

  • Polarizer atau circular polarizer atau CPL¬†

Filter CPL adalah jenis fitler yang paling populer dalam fotografer landscape. Jenis filter ini juga dapat digunakan untuk beberapa tekhnik fotografi lainnya sehingga tidak ada ruginya memiliki filter ini. Beberapa manfaat dari filter CPL adalah untuk meningkatkan kontras warna sebuah foto landscape, meningkatkan saturasi sehingga warna yang telihat pada foto tersbut nampak lebih hidup (contohnya pada warna langit dan warna daun) dan juga untuk mengurangi bayangan di air atau pada benda-benda mengkilap lainnya. Filter ini bekerja dengan cara mentransmisikan cahaya pada permukaan objek dan mengahsilkan warna yang jauh lebih menarik. Cara menggunakan filter ini cukup simpel, anda hanya perlu memutar filter ini untuk mendapatkan kontras yang anda inginkan saat anda memotret obyek pemandangan yang ingin diabadikan.

  • Graduated netral density (GND) dan Netral density (ND)

Filter yang satu ini tidak bertujuan untuk mempengaruhi warna dari foto landscape seseorang melainkan lebih untuk mengurangi jumlah cahaya yang masuk pada kamera. Filter ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah cahaya yang masuk pada kamera dengan menggunakan kaca gelap sehingga seorang fotografer bisa menggunakan speed yang lebih lambat dan juga diafragma yang lebih besar. Filter ini akan sangat dibutuhkan di siang hari jika anda ingin mendapatkan efek air yang tenang, ataupun seperti bersalju saat anda mengabadikan sungai, air terjun ataupun pantai.

  • Colour filter

Jenis filter ini digunakan untuk memberikan efek warna tertentu pada sebuah foto. Ada beberapa jenis colour filter yang dapat digunakan misalnya saja blue filter untuk memberi efek warna kebiruan dan warm filter yang digunakan untuk memberikan efek warna kekuningan seperti pada kondisi langit di waktu matahari terbit dan tenggelam. Walaupun fungsi filter ini bisa diganti dengan software pengolah foto seperti photoshop ataupun software built-in di dalam kamera, tidak ada salahnya anda mencoba untuk berkreasi dengan menggunakan filter ini.

Tiga jenis filter diatas adalah filter yang paling umum dipergunakan dalam foto landscape dan biasanya dijual di banyak toko fotografi dengan berbagai macam merek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

20 ditambah 10?