Feb 06

10 Tips Fotografi Menggunakan Kamera Ponsel

tips fotografiKamera ponsel sekarang mampu menghasilkan gambar yang bagus jika kita mengambilnya dengan tepat. Dengan memasangkan teknologi canggih ini dengan ratusan aplikasi yang tersedia yang dirancang untuk membantu anda menjadi lebih kreatif dan mengambil gambar yang lebih baik.

Kebanyakan orang sekarang membawa ponsel yang memiliki kamera built in dan jika anda menyukai fotografi tetapi tidak memiliki kamera DSLR, berikut adalah 10 tips yang dapat anda terapkan untuk mengambil foto yang bagus menggunakan kamera ponsel.

1. Anggap Sebagai Kamera
Memegang ponsel dengan satu tangan dan kemudian menekan tombol shutter hanya akan mengakibatkan gambar yang blur. Peganglah ponsel dengan dua tangan dan cukup dekat dengan tubuh anda akan membuat telepon Anda jauh lebih stabil dan sebagai hasilnya, gambar anda akan menjadi lebih baik.

2. Diam
Usahakan posisi lengan menempel ke bagian samping tubuh anda, hal ini memungkinkan posisi tangan dan kamera stabil ketika membidik. Jangan gerakkan ponsel segera setelah anda mengklik tombol shutter karena kamera masih memproses tembakan. Tunggulah beberapa detik setelah shutter di tekan.

3. Gunakan Aksesoris
Banyak perusahaan kini memproduksi lensa dan pendukung untuk iPhone dan ponsel lain yang dapat membantu meningkatkan hasil foto ponsel anda.

4. Zoom Dengan Kaki Anda
Jika kamera ponsel anda tidak memiliki zoom optik, gunakan kaki anda untuk bergerak lebih dekat ke subjek daripada menggunakan zoom digital yang dapat menurunkan kualitas tembakan.

5. Cahaya
Anda akan mengandalkan cahaya alami ketika memotret dengan ponsel, jika memungkinkan memotretlah di luar ruangan. Jika di dalam ruangan, aturlah di dekat jendela atau teras.

Jika ruangan terlalu gelap dan anda perlu untuk menghidupkan beberapa lampu, lihatlah warna lampu yang dipancarkan. Anda dapat mengatur white balance pada beberapa ponsel atau dapat menggunakan aplikasi yang tersedia.

Beberapa ponsel juga memberikan pilihan kompensasi eksposur sehingga anda dapat mencerahkan atau mempergelap tembakan. Ada baiknya memeriksa terlebih dahulu pengaturan ponsel anda.

Saat memotret outdoor usahakan ponsel anda tidak menghadap ke arah matahari, karena ini dapat mengakibatkan flare, meskipun beberapa orang menyukai efek ini.

6. Periksa Pengaturan Kamera Anda
Semakin tinggi resolusi semakin baik kualitas tembakan. Jika Anda dapat mengatur kualitas gambar pastikan diatur pada pengaturan tertinggi yang tersedia. Anda mungkin juga dapat menemukan berbagai mode pengambilan gambar yang ditawarkan serta pre-set seperti malam hari, panorama dan mode portrait yang semuanya dirancang untuk membantu anda mengambil gambar terbaik.

7. Lensa
Karena kebanyakan ponsel dimasukkan ke dalam saku atau disimpan di dalam di tas pastinya akan mudah berdebu dan sering dipegang, maka lensanya bisa tertutup sidik jari berminyak. Maka pastikan anda merawat lensa agar tetap bersih dan memeriksanya sebelum mengambil gambar.

8. Cobalah Sudut Berbeda
Memotret dengan ponsel umumnya memberi anda fleksibilitas lebih dari kamera DSLR, apalagi yang menggunakan tripod. Gunakanalah kebebasan ini dengan memvariasikan sudut pengambilan gambar dan mencoba tembakan baru.

tips fotografi dengan kamera ponsel

9. Jangan Lupa Tentang Editing
Menggunakan ponsel untuk mengambil foto bukanlah alasan untuk tidak mengoreksi atau mengedit hasil foto. Anda dapat mengedit foto dengan aplikasi pada ponsel, tetapi pastinya kurang lengkap. Jika ingin hasil yang lebih baik, mentransfernya ke komputer sehingga dapat di edit dengan program yang tersedia, baik itu Photoshop atau software lainnya.

10. Eksperimen Dengan Apps
Tidak ada alasan untuk tidak bereksperimen untuk fotografi ponsel anda, karena banyak aplikasi yang tersedia. Cobalah beberapa, anda mungkin akan menemukan hasil gambar yang bagus dengan salah satu Apps ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Sebelum komen, buktikan bahwa anda manusia :)

Lagu Kebangsaan Indonesia